Friday, February 10, 2006

Rumah Mbah

Aku tinggal di rumah Mbah dari lahir, tinggal sama mbah, bobo sama mbah, belajar ngaji sama mbah, sementara ibu kan kerja kantor..jadilah aku anak mbah. Tinggal dirumah mbah di Warung Buncit dari lahir sampai kuliah dan kerja, padahal ibu dan ayah sudah pindah ke Perdatam, tapi gue dulu nggak mau ikut pindah...hehe...terus terang aja teras rumah mbah gue itu enak banget buat pacaran!, sementara kalau di Perdatam, hrs bertamu diruang tamu yang nyambung sama ruang tivi, masa bertiga sama Babe! Belum lagi kadar pendengaran kuping Mbah gue kan sudah jauh beda sama nyokap bokap, jadi gue bisa ngobrol bebas sama pacar gue, tapi kalau dirumah nyokap, dindingpun ikut nguping.
Mbah itu lah saksi hidup yang tahu siapa aja yang pernah ngapelin gue...hehehe...laki gue aja nggak tahu selengkap itu. Suamiku dulu waktu ngapel sudah hapal dengan bantingan2 pintu kamar mbah gue, kalau pelan berarti Mbah mau tidur, kalau pintunya buka tutup berarti nyuruh pulang, kalau Jedderrrr..!!!! artinya "Nggak tahu udah malem ya, pacaran melulu pulang tau !" kira2 begitulah artinya.
Rumah mbah itu gede banget dulunya, kamarnya buanyaaak dengan langit2 yg tinggi, kalau temen2 kecil gue main dulu, bisa2 ilang didlm rumah, ketemu2 udah pucat, nggak tahu pintu keluar. Halamannya luas banyak pohon, pohon jambu ada 2 pohon mangga ada 3, semua bisa gue panjat. Teutama kalau abis diomelin pasti ngambeknya diatas pohon jambu, kecepatan manjat gue dulu luar biasa, malah bisa ketiduran siang2 diatas pohon. Tapi anehnya pohon jambu kesayangan gue itu pernah makan korban, tetangga gue namanya Ugo, seumuran sama gue, pernah manjat, terus jatuh, nah sejak jatuh itu dia jadi 'linglung" kayak org bego gitu, kata ibunya sih gara2 penunggu pohon jambu itu yg marah. Aduuuh untung aja marahnya nggak ke gue, kasihan Ugo sampai sekarang belon kawin masih suka melongo2 diteras rumahnya, padahal dulu normal lho anak itu Hiii...

Saking sayangnya gue sama mbah dan rumahnya, gue selalu nangis kalau rumah itu ada rencana dijual, pokoknya gue pengen kawin dulu sebelum dijual, gue mau nikah di rumah mbah, tempat gue lahir. Untung cita2 gue tercapai, th 1997 gue nikah disitu. Sampai sekarang rumah itu masih ada, rumah Uyut kata anak2 gue. Sekarang gantian gue yang nonton anak2 lari2 di halaman, cuma bedanya anak2 gue sekarang nggak gue ijinin naik pohon, ntar kena marah penunggunya, hehe percaya nggak percaya gue.

2 comments:

Anonymous said...

Nesya, ini Dian (eks smandel 92 sos, sohibnya Yunita - kalau masih inget). Lucu baca kenanganmu sama rumah Mbahmu. Aku jadi ingat rumah Uti & Kakung di Malang. Sayangnya baru saja dijual (habis om butuh duit, ye). Padahal kenangan masa kecilku di situ semua. Moga2 aja sih aku punya rezeki lebih bis abeli rumah itu balik. Amin.

PNF said...

thanks Dian, sorry banget baru baca comment nya, salam buat keluargamu ya...

Post a Comment

 

(c)2009 Soulmate. Blogger Templates created by Deluxe Templates Redesign by Mung Bisnis