Monday, March 28, 2011

Pennylane Cookies By Riana

Penasaran dengan cookies yang di populerkan oleh Mbak Riana. Sangat nyoklat dan manis, hanya penggila coklat yang bisa menikmati sampai gigitan terakhir.

Terinspirasi oleh cookies famous amos yang suka mejeng minta di ditowel dan dibeli kalau di mall-mall, jadi penasaran bikin cookies yang tidak seperti kue kering coklat biasa, tetapi yang benar-benar terasa buliran coklatnya serta chewy di mulut.

RESEP Riana's Pennylane Cookies
BAHAN :
200 gr kacang cincang (aku pake mede dan kenari, yang di sangrai sebentar)
60 gr terigu (aku pakai Kunci Biru)
1 sdt BPDA (Baking Powder Double Acting)
1/4 sdt garam
2 sachet kopi instant @ 4 gr (aku pakai 1 1/2 sachet kopi instant, di larutkan dgn 2 sdm air panas)
450 gr coklat (aku pakai collata)
60 gr unsalted butter (aku pakai Royal Palmia) 250 gr gula pasir (aku pake 200 gr, takut kemanisan)
4 telur
1 sdm vanili extract
175 gr choco chip
175 gr white choco chip

MEMBUAT :
- Panaskan coklat dan mentega bersamaan sampai leleh
- Campur terigu dan Baking powder, ayak
- Kocok telur & gula hingga benar-benar mengental, putih dan apabila dijatuhkan akan turun perlahan dan membentuk pita - Masukan coklat leleh dan mentega, lalu air kopi
- Masukan terigu, aduk rata. Terakhir masukan kacang2an.
- Setelah adonan tercampur rata, masukan adonan ke dalam kulkas minimal 30-60 menit sampai adonan bisa dicetak diayas loyang. Apabila dicetak adonan masih meleber, artinya belum cukup kaku, masukan kembali ke dalam kulkas sampai bisa disendok dan kaku.
- Cetak dgn bantuan sendok/ sendok ice cream di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega atas bawah
- Beri jarak setiap cookies nya karena pada saat terkenan panas oven, cookies akan semakin melebar.
- Panggang dengan api 150-160C....dgn kondisi api oven kecil. - Panggang sampai permukaan kukis retak2 (aku panggang 10-12 menit). Matikan oven, jgn dibuka pintunya kurleb 5 menit. Keluarkan loyang, dinginkan sampai benar-benar dingin. - Hasilnya, diluar krispi, tetapi di dalamnya chewy....enyaakk....
- Jangan terlalu lama dipanggang, hasilnya nanti terlalu garing, kurang asik, cookies juga baru akan krispi setelah benar-benar dingin.

No comments:

Post a Comment

 

(c)2009 Soulmate. Blogger Templates created by Deluxe Templates Redesign by Mung Bisnis