Monday, January 17, 2011

Recipe Kepiting Saus Padang



Sudah sebulan ini kepingin makan kepiting yang dijual di seafood. Cuma makin penasaran masak sendiri waktu ngeliat kepiting dijual di pasar. Harga di resto / seafood walau hanya di seafood tenda, lumayan nguras kantong, padahal kalau di pasar kepiting hidup sekilo nya hanya 50 ribu untuk 3 buah kepiting yang besar. Yuuukk, kita coba bikin. Alhasil minggu kemarin berhasil mengolah kepiting dari pasar menjadi Kepiting saus padang yang setara rasanya dengan seafood berkelas, asiiikkk, besok-besok bikin aja ngga usah beli, kemahalan, bisa 3x lipat harganya. Rasa? weiitsss, mantapp, heheeh muji diri sendiri, maap yak..


Kepiting Saus Padang

Bahan :

3 buah kepiting (kurang lebih 1kg)
dibelah dan dibersihkan, serta bagian cangkang digeprek supaya mudah waktu memakannya, dan bumbu bisa meresap waktu dimasak
Garam + Merica secukupnya utk ditaburkan
Minyak untuk menggoreng

Bumbu :
8 Bawang Putih cincang
5 Bawang Merah cincang
5 sdm saus tomat
5 sdm saus sambal
5 sdm saus tiram
2 cm jahe
2 lembar daun Bawang iris besar
garam
merica
2 gelas air putih / sesuai selera

Cara membuat :

Lumuri kepiting yang telah dipotong dan digeprek dengan gram dan merica, gorang dalam minyak sampai terendam, sebentar saja, tiriskan.

Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak sisa menggoreng kepiting, masukan semua bumbu kecuali daun bawang, tumis sebentar, masukan kepiting yang telah digoreng, masukan air sampai agar kepiting sedikit terendam, masak sampai bumbu meresap, aduk rata, terakhir masukan sebagian daun bawang, aduk sebentar, angkat, tabur dengan daun bawang sisa, hidangkan.

No comments:

Post a Comment

 

(c)2009 Soulmate. Blogger Templates created by Deluxe Templates Redesign by Mung Bisnis