Sunday, December 12, 2010

I'm Sushi lovers



















Aku penggila Sushi, tapi dirumah nggak ada yang doyan, jadi hanya pergi makan sushi di resto bersama teman-teman aja. Sedikit-sedikit mulai menularkan pada suami, akhirnya dia doyan juga hahaha... ketularan, lumayan ada yang mau nemenin makan sushi, dengan catatan yang mateng yaaa, biar nggak amis.... Padahal enak yang mentah ya, siapa bilang amis, malah seger-seger empuk maknyuusss...

Saking doyannya beberapa kali nyoba bikin sendiri, ngebrowsing sana sini cara buat sushi, nyontek resepnya, liat video nya di Youtube, merhatiin sushi aslinya sampai dibongkar-bongkar isinya kalau makan di resto, bikin berantakan aja deehh...

Sempet beberapa kali buat sendiri, tapi kok ya ambyar nasinya, berantakan walaupun jadi juga sih tu guling hahaha. Karena nggak mahir bikin yg kecil jadinya guede minta ampun, nabrak pakem sushi yang katanya makan sekali suap, sushiku itu musti 2 or 3 kali suap, kalau sekali suap ngga cukup mulutnya. Sushi kok kayak apem gedenya...hahahaha....

Tapi kata temen2 kantor sebagai tester setia makanan2 hasil karyaku, walau amburadul tetep dibilang "Enaak, Nesya sushinya", hihihi ya gratiss ya enak lhaaaa....

Masing kurang puas dengan hasil sushi guede ku, akhirnya cari2 lah tempat kursus sushi di jakarta, kebetulan dapat di Sakura Japanese Resto Jl. TB Simatupang. Senangnya waktu ditelepon karena sudah ada kelas nya Sabtu tanggal 11 Desember 2010 kemarin.

Niat banget dari Karawaci nyambangin TB Simatupang Sabtu pagi, mana hujan-hujan lagi. Alhamdulillah suami tersayang memang paling top sedunia utk urusan antar mengantar, apalagi kalau mengantar kursus masak, dia tahu hobbby istrinya, support penuh deh, antar jemput walaupun mengganggu tidur Sabtu paginya, ....Makasih sayang, muuah...

Kelompok Kursus pagi itu ternyata hanya ber 8, dan sebagian besar anak SMA haha berasa muda jadinya. Pengajarnya Chef Koesriandi, sebagai chef senior di Sakura Japanese resto dan baru2 ini mendapat penghargaan chef terbaik utk masakan ala Jepang. Wow I'm in a good hand.

Pelajaran dimulai dengan melihat Chef Koes memperagakan cara menggulung aneka sushi, dengan teknik dan trik-trik nya. Beruntung sebelumnya aku pernah mencoba membuat sushi walau amburadul itu, sehingga tahu dimana titik kesulitannya.

Resep NASI SUSHI :

1. 1 kg Beras
Asli sushi menggunakan beras Jepang tapi karena beras Jepang tergolong beras dengan harga mahal di Indonesia, kita bisa menggunakan beras Amerika yang merupakan beras import Jepang atau disebut Nisiki.
Tips dari Chef Koes, selain Nisiki atau beras Jepang kita bisa menggunakan Beras Indonesia dicampur beras ketan dengan perbandingan 1:10 jadi :

1kg beras biasa campur dengan 100 gr beras ketan.

2. Sauce Sushi
yang dibuat dari :

Mitsukan Vinegar ( cuka beras ) 150 cc
Garam 25 gr
Gula pasir 50 gr

Cara membuat :

Campur semua bahan Sauce Sushi taruh didalam wadah, taruh wadah diatas panci yang berisi air dan dipanaskan diatas api, seperti di tim, aduk sauce sushi, tidak perlu sampai mendidih, hanya agar gula dan garamnya tercampur rata.

Cuci beras dengan bersih, tiriskan dalam saringan selama 15 menit, lalu masak dgn air sebanyak 1,8 liter selama 45 menit. Setelah diangkat ratakan sauce sushi hingga merata lalu dikipas dan biarkan dingin, sampai beras dingin dan terasa lengket. Setelah nasi dingin baru digunakan untuk menggulung sushi.

Untuk menggulung Sushi diperlukan :

Yaki Nori
Rumput laut berbentuk lembaran biasanya dijual per 10 atau 6 lembar, satu sushi kita gunakan setengah lembar Nori

Makisu
Bambu sebagai alat bantu menggulung sushi, sebaiknya dilapisi plastik pada saat digunakan agar nasi tidak menempel di makisu

Pisau tajam
Pisau untuk memotong sushi yang telah tergulung, gunakan pisau yang tajam yang telah dibasahi air matang kemudian dilap dengan lap basah agar pada saat menggulung sushi dapat rata dan rapi.

Cara menggulung :
Siapkan 1/2 lembar Nori diatas Makisu yang telah dilapisi dengan plastik, ambil nasi sekepalan tangan dan dibulatkan, taruh nasi diatas nori, dan ratakan, letakan berbagai isi sushi ditengah tengah nori atau ditengah nasi, gulung menggunakan 2 tangan 1 kali sampai isi sushi tertutup, padatkan dengan ujung jari, kemudian gulung sekali lagi sampai ujung nori, padatkan lagi. potong-potong sushi menjadi 6 atau 8 sesuai selera. sajikan.

beberapa resep yang diajarkan adalah Eby Tempura Roll dan California Roll :

Resep EBY TEMPURA ROLL

Bahan-bahan:

1. Nasi Sushi 100Gr
2. Yaki Nori ½ lembar
3. Mayonaize 3 gr
4. Eby Tempura 2 pcs
5. Tobiko

Cara Membuat :
Letakan Makisu yang sudah di alasi dengan plastik, lalu ambil nori yang sudah dipotong dan letakkan di atas makisu. Kemudian letakkan nasi sushi yang sudah ditimbang dan letakkan diatas nori lalu diratakan. Setelah rata nori yang berisi nasi dibalik, lalu masukkan eby tempura. Kemudian digulung hingga merata lalu letakkan tobiko diatas nasi yang sudah digulung lalu dipotong sesuai selera.

Resep CALIFORNIA ROLL

Bahan-bahan:

1. Nasi Sushi 100Gr
2. Yaki Nori ½ lembar
3. Advokado 2 iris
4. Crab Steak 1 pcs
5. Timun Jepang 10 gr
6. Mayonaize 3 gr
7. Selada Keriting 3 gr
8. Tobiko 5 gr

Cara Membuat :
Letakan Makisu yang sudah di alasi dengan plastik, lalu ambil nori yang sudah dipotong dan letakkan di atas makisu. Kemudian letakkan nasi sushi yang sudah ditimbang dan letakkan diatas nori lalu diratakan. Setelah rata nori yang berisi nasi dibalik, lalu masukkan bahan-bahan diatas. Pertama taburkan maoyonaise, lalu selada keriting, crab steak, advocado dan timun jepang Kemudian digulung hingga merata lalu letakkan tobiko diatas nasi yang sudah digulung lalu dipotong sesuai selera dan siap disajikan.

Sauce Pencelup Sushi :

Sushi biasa disajikan dengan campuran mirin, sake, kikoman dan kombu (serutan rumput laut) maupun Kotsuobushi (parutan ikan), Namun aku gak perlu campuran macam2 tersebut, berhubung ada kandungan alkoholnya, aku pilih yang halal saja, cukup kecap asin ABC plus wasabi yang bisa membuat kuping berdenging itu saja sudah sangat cukup nikmat bagiku.

Salam Sushi Lovers

1 comment:

Anonymous said...

waaah makasih banyak mba... resepnya, aq jg sukaaa bgt sushi tp karn takut gak halal, skarang jd jarang makan sushi lg, gak tau dimana jual sushi halal, keren bgt deh... jd pengen coba... :))

Post a Comment

 

(c)2009 Soulmate. Blogger Templates created by Deluxe Templates Redesign by Mung Bisnis